EFEKTIVITAS METODE TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN READING COMPREHENSION SISWA KELAS X SMAN 1 NGRAMBE

Penulis

  • Theresia Budi Sucihati STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Two Stay Two Stray, Reading Comprehension

Abstrak

Penelitian ini tentang efektifitas metode ‘Two Stay Two Stray’ untuk pembelajaran ‘reading comprehension’ siswa kelas 10 di SMAN 1 Ngrambe tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mencari fakta nyata apakah metode ‘Two Stay Two Stray’ efektif untuk pembelajaran membaca teks naratif siswa kelas 10 SMAN 1 Ngrambe. Peneliti menggunakan sampel acak dengan memilih dua kelas yaitu kelas X B sebagai kelas eksperimental dan kelas X C sebagai kelas kontrol. Masing-kelas terdiri dari 26 siswa, jadi totalnya 52 siswa. Peneliti menggunakan observasi untuk mendapatkan kualitatif data dan tes untuk mendapatkan kuantitatif data, yaitu pre-tes dan post-test. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan t-tes. Hasil dari t-tes yaitu 1,84 sedangkan nilai pada t-tabel yaitu 1,67. Berdasarkan hasil dari t-tes dapat ditunjukkan 1,85>1,67. Nilai rata-rata pre-tes pada kelas eksperimental adalah 65,69 dan pada kelas kontrol adalah 55,85. Nilai rata-rata post-tes pada kelas eksperimen adalah 80,92 dan pada kelas kontrol adalah 69,08. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ‘Two Stay Two Stray’ efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-30

Terbitan

Bagian

Articles