PENERAPAN TEKNIK TUKRI (TULIS, UNGGAH, KRITISI, REVISI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ESAI MAHASISWA STKIP PGRI PONOROGO

Penulis

  • Elys Rahayu R. M STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Esai Ekspositori, Keterampilan Menulis, Teknik TUKRI

Abstrak

Pada level pendidikan tinggi seperti STKIP PGRI Ponorogo, mengatasi kesulitan untuk menulis adalah hal yang penting. Jika para calon guru tersebut tidak memiliki kemampuan menulis yang memadai maka dikhawatirkan mereka tidak akan
mampu mengajar secara profesional. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif untuk mengetahui bagaimana teknik TUKRI dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis essai ekspositori bagi mahasiswa semester empat STKIP PGRI Ponorogo pada tahun ajaran 2014/2015. Merujuk pada hasil analisis proses pembelajaran, dan hasil esai mahasiswa di akhir siklus dua ditemukan bahwa keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran telah mencapai criteria yang ditetapkan yaitu 70%. Selain itu secara umum hasil rata-rata tulisan mahasiswa pada akhir siklus dua
adalah 80 atau sesuai dengan kriteria ketuntasan. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, maka ada sembilan langkah penerapan teknik TUKRI untuk meningkatkan kemampuan menulis esai ekspositori

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-27

Terbitan

Bagian

Articles