THE EFFECTIVENESS OF CIRC TO TEACH READING VIEWED FROM STUDENTS’ MOTIVATION
Kata Kunci:
CIRC, lecture method, motivation, reading skillAbstrak
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (i) metode manakah yang lebih efektif untuk pengajaran keterampilan membaca, CIRC atau Lecture method, (ii) dalam aspek keterampilan membaca, manakah yang lebih baik antara siswa dengan motivasi tinggi dan rendah, dan (iii) interaksi antara metode CIRC dan Lecture method terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan subyek siswa kelas X SMKN Kawedana yang terdiri dari kelas A dan B. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Kelas B merupakan kelas eksperimen yang diajar menggunakan CIRC, sedangkan kelas A merupakan kelas kontrol yang diajar menggunakan Lecture method. Data diperoleh dari hasil tes dan berupa data kuantitatif dan dianalisa menggunakan ANOVA. Hasil yang diperoleh menunjukkan: (i) CIRC lebih efektif dibanding Lecture method, (ii) keterampilan membaca siswa dengan motivasi tinggi lebih baik dibanding siswa dengan motivasi rendah, dan (iii) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa CIRC efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa.