PENGARUH STRATEGI PAIKEM GEMBROT DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK

Penulis

  • Primasari Wahyuni Universitas PGRI Yogyakarta

Kata Kunci:

Paikem gembrot, minat baca, kemampuan menulis petunjuk

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa (1) kemampuan siswa menulis petunjuk dengan strategi Paikem Gembrot lebih baik dibandingkan dengan strategi konvensional; (2) kemampuan siswa menulis petunjuk kelompok minat baca tinggi lebih baik dibandingkan dengan minat baca rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan minat baca dalam mempengaruhi kemampuan siswa menulis petunjuk. Subjek penelitian siswa SMP Negeri 1 Temon, Kulonprogo sebanyak 80 siswa (kelas VIIIA dan VIIIB). Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan tes praktik, angket dan dianalisa dengan Analisis Variansi Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata kemampuan siswa menulis petunjuk dengan strategi Paikem Gembrot berbeda dengan strategi konvensional, dengan nilai 8,43 dan 6,29. Perolehan hasil analisis statistik inferensial Fh sebesar 182,70 ˃ Ft sebesar 3,967 dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan kemampuan siswa menulis petunjuk dengan strategi Paikem Gembrot lebih baik dibanding strategi konvensional. (2) kelompok siswa minat baca tinggi (5,40 dan 9,63) dan minat baca rendah (5,30 dan 9,60) berbeda, dipengaruhi oleh strategi pembelajaran. (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat baca dalam mempengaruhi kemampuan menulis petunjuk.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-24

Terbitan

Bagian

Articles