COHESION AND COHERENCE OF SPOKEN TEXT IN SENIOR HIGH SCHOOL ELECTRONIC BOOK
Kata Kunci:
Koherensi, kohesi, teks lisanAbstrak
Salah satu tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah atas adalah untuk mengembangkan/meningkatkan kompetensi siswa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulis. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam upaya peningkatan kompetensi tersebut adalah pembelajaran melalui teks. Namun, tidak semua teks yang ada di buku teks sekolah mengandung unsur koherensi dan kohesi, sebagai unsure pembentuk teks yang baik. Studi ini bertujuan untuk mencari tahu unsur kohesi dan koherensi dalam teks lisan, (i) bagaimana teks disusun, (ii) bagaimana negoisasi makna terjadi untuk menjaga percakapan agar tetap berjalan, dan (iii) apa saja fitur kebahasaan yang melekat pada teks? Obyek studi ini merupakan teks percakapan yang diambil dari buku buku teks SMA kelas 11. Analisis data menggunakan teori Thornburry (2005) meliputi kohesi, koherensi (makro dan mikro), dan fitur kebahasaan. Temuan studi ini menunjukkan bahwa (i) tekster struktur secara dinamis, karena terdiri dari satu topic pembicaraan, (ii) penutur lebih mengedepankan negosiasi aspek logicosemantik, daripada interpersonal, dan (iii) fitur kebahasaan yang muncul pada text ditandai oleh empat hal, spontanitas, interaksi, interpersonalitas dan coherensi.