TEKNIK PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Peningkatan kemampuan membaca puisi, teknik pemodelanAbstrak
Pengembangan kemampuan membacapuisi di sekolah dasar merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kompetensi dan hasil belajar yang ingin dicapai adalah siswa dapat membaca puisi dengan baik dan benar sesuai dengan kriteria penilaian membaca puisi yang mengacu pada aspek kebahasaan dan non kebahasaan. Penelitian dilakukan untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan kemampuan membaca puisi pada aspek kebahasaan dan aspek non kebahasaan melalui teknik pemodelan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi pada aspek kebahasaan yang meliputi (1) intonasi, (2) jeda, (3) artikulasi, dan aspek non kebahasaan yang meliputi (1) ekspresi, (2) gerak/gesture, (3) penghayatan, dan (4) keberanian.