Media Katak Ciamis untuk Meningkatkan Keterampilan Klasifikasi Informasi Teks Berita

Penulis

  • Renita Ayu Kumalasari STKIP PGRI Ponorogo
  • Sutejo Sutejo STKIP PGRI Ponorogo
  • Cutiana Windri Astuti STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Katak Ciamis, Klasifikasi Teks

Abstrak

Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pengajaran mapel bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar adalah Katak Ciamis (Kata Kunci Dalam Diagram Garis). Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas penggunaan media Katak Ciamis dalam meningkatkan keterampilan siswa mengkasifikasi informasi pada teks berita. Desain penelitian menggunakan langkah-langkah berdasarkan siklus. Peneliti menggunakan desain tindakan kelas dengan siklus berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklusnya. Peneltian ini dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Ponorogo. Observasi dan tes merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mencari rata-rata dan distribusi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan siswa dalam mengkasifikasi informasi pada teks berita dengan menggunakan media Katak Ciamis. Pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 54%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 75%. Kemudian pada siklus 3 persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 93%.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-11

Terbitan

Bagian

Articles