Pengaruh Media Kapija terhadap Kemampuan Membaca Kata Beraksara Jawa Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah

Penulis

  • Ati Dinan Nasihah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dimas Setiaji Prabowo UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mohamad Wahyu Hidayat UIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.60155/dwk.v4i2.487

Kata Kunci:

Kemampuan membaca, Aksara Jawa, Media KAPIJA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi pengaruh penggunaan media KAPIJA (Kartu Pintar Bahasa Jawa) terhadap kemampuan membaca kata beraksara Jawa siswa kelas 3 di MI Miftahul Ulum Kalitorong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 3 sehingga pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes. Penelitian ini menemukan fakta bahwa penggunaan media KAPIJA (Kartu Pintar Bahasa Jawa) membawa pengaruh positif pada kemampuan membaca kata beraksara Jawa siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai yang signifikan antara kemampuan membaca siswa sebelum dan setelah menggunakan KAPIJA.  Kemampuan berbahasa yang diajarkan pada Sekolah Dasar salah satunya adalah kemampuan membaca. Salah satu kemampuan membaca yang diajarkan adalah membaca kata beraksara Jawa. Selain kualitas sumber daya manusia (SDM) seperti guru yang kompeten, media pembelajaran yang berkualitas dan relevan juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Meskipun penggunaan media KAPIJA berhasil meningkatkan kemampuan membaca, penelitian juga mengidentifikasi beberapa hambatan dalam melakukan pembelajaran Bahasa Jawa seperti kurangnya fasilitas pendukung dalam pembelajaran sehingga siswa merasa bosan. Untuk mengatasi hambatan tersebut agar guru bisa memanfaatkan strategi, model dan media yang digunakan dalam pembelajaran dan melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-22

Cara Mengutip

Nasihah, A. D., Prabowo, D. S., & Hidayat, M. W. (2025). Pengaruh Media Kapija terhadap Kemampuan Membaca Kata Beraksara Jawa Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. DIWANGKARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya Jawa, 4(2). https://doi.org/10.60155/dwk.v4i2.487

Terbitan

Bagian

Articles