Peningkatan Kemampuan Analisis Unsur Intrinsik Novel Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD
Kata Kunci:
Novel, pembelajaran kooperatif, Teknik STADAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam menganalisis unsur intrinsik novel melalui pembelajaran kooperatif teknik STAD. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 SMA Negeri Kebakkramat, Karanganyar. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian mencakup: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tiap siklus, dan tahap akhir. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti, dan siswa kelas XI sebanyak 36 orang. Teknik penelitian dan instrumen yang digunakan adalah observasi, tes dan angket. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan angket kemudian dianalisis secara deskriptif, sedangkan data hasil tes dianalisis dengan menggunakan deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis unsur intrinsik novel yang ditandai peningkatan nilai rata-rata kompetensi keterampilan siswa, dari 78,25 (siklus I) menjadi 87,50 (siklus II). Sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus 1 dan 2 sudah baik. Pada siklus 1, dari 15 aspek yang diobservasi, 7 aspek teramati baik, 6 aspek teramati cukup, dan 2 aspek teramati kurang. Sedangkan pada siklus 2, dari 15 aspek yang diobservasi, 11 aspek teramati Baik, dan 4 aspek teramati Cukup.