Kesalahan Pelafalan Fonem Bahasa Jawa Siswa Kelas Menengah di Ponorogo

Penulis

  • Serdaniar Ita Dhamina STKIP PGRI Ponorogo
  • Luki Irma Wanti STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Kesalahan Pelafalan, Fonem, Bahasa Jawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan pelafalan fonem bahasa Jawa, (2) faktor penyebab terjadinya kesalahan pelafalan fonem bahasa Jawa, dan (3) alternatif solusi untuk mengatasi kesulitan pelafalan fonem bahasa Jawa pada siswa kelas menengah di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif yang berfokus pada kajian fonologi. Hasil penelitian menunjukkan 25% kesalahan pelafalan terjadi pada fonem vokal dan 75% kesalahan pelafalan terjadi pada fonem konsonan. Terjadinya kesalahan pelafalan antara lain disebabkan faktor: kebiasaan lingkungan, tidak mendapatkan pelajaran bahasa Jawa di sekolah, dan kurangnya kesadaran untuk mempelajari bahasa Jawa. Kesalahan pelafalan fonem ini bisa diatasi dengan cara memperbanyak membaca dan mendengarkan kosa kata bahasa Jawa.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-12

Cara Mengutip

Dhamina, S. I., & Wanti, L. I. . (2022). Kesalahan Pelafalan Fonem Bahasa Jawa Siswa Kelas Menengah di Ponorogo. DIWANGKARA: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya Jawa, 1(2). Diambil dari https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/DIWANGKARA/article/view/148

Terbitan

Bagian

Articles