Geguritan Majalah Panjebar Semangat: Materi Ajar Apresiasi Sastra Berbasis Pendidikan Budi Pekerti
Kata Kunci:
Apresiasi Sastra Jawa, Budi Pekerti, GeguritanAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilatar belakangi oleh pentingnya penanaman nilai pendidikan budi pekerti kepada siswa SMA melalui pembelajaran apresiasi sastra Jawa khususnya geguritan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan nilai pendidikan budi pekerti dalam geguritan majalah Panjebar Semangat. Metode yang digunakan adalah studi dokumentasi. Data dikumpulkan dengan membaca secara cermat kandungan makna tiap geguritan dan melalakukan pencatatan. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitataif model Miles dan Huberman, yaitu langkah identifikasi fokus penelitian, reduksi data, analisis dan penyajian data, serta pembuatan inferensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa geguritan-geguritan yang terdapat dalam majalah Panjebar Semangat mengandung nilai-nilai pendidikan budi pekerti yang meliputi: religius, sosial, keadilan, kejujuran, tanggung jawab, mandiri, peduli lingkungan. Melalui geguritan dalam majalah PS, pengarang ingin menyampaikan amanat atau pesan kepada pembaca untuk menjadi manusia yang seutuhnya yang berkarakter kuat.