Developing Video Scribe As Instructional Media for Junior High School Students
Keywords:
Keterampilan Berbicara, Video Scribe, Media InstruksionalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran materi keterampilan berbicara pada level sekolah menengah pertama. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi ADDIE model yang meliputi analysis, design, development, implementation, and evaluation. Ada dua ahli yang dilibatkan dalam proses validasi yakni ahli materi dan ahli media. Kedua ahli tersebut menilai berdasarkan bidangnya masing masing sebelum produk tersebut diimplementasikan kepada siswa. Berdasarkan lembar validasi yang digunakan, diperoleh nilai 87 dari aspek materi dan 77 dari aspek media. Dari nilai tersebut, bisa disimpulkan bahwa produk tersebut sudah bagus dan layak untuk diimplementasikan. Pada tahap implementasi, peneliti menggunakan angket untuk memperoleh data dan hasilnya diperoleh nilai 87,6 yang berarti video pembelajaran tersebut layak digunakan untuk kelas tujuh.