Correlational Study on Junior High School Students’ Vocabulary Mastery and Their Reading Comprehension

Authors

  • Ro'latul Jannah STKIP PGRI Ponorogo
  • Siti Munifah STKIP PGRI Ponorogo

Keywords:

Correlation, Vocabulary Mastery, Reading Comprehension

Abstract

Penguasaan kosakata dan pemahaman membaca seharusnya memiliki keterkaitan
erat. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa penguasaan kosakata mempengaruhi
pemahaman membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah
hubungan antara penguasaan kosakata dan pemahaman membaca pada siswa kelas
VIII di SMPN 3 Sawoo Ponorogo. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-A.
Keseluruhan siswa berjumlah 20. Metode yang digunakan di penelitian ini adalah metode
kuantitatif dan bentuk penelitian adalah penelitian hubungan. Alat yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah tes. Peneliti menggunakan rumus korelasi produk moment
untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang
signifikan antara penguasaan kosakata dan pemahaman membaca. Itu dibuktikan dengan
rxy
(0,822) yang lebih besar dari rtable di taraf signifikan 5%(0,822). Dengan kata lain hipotesis
nol (H0
) ditolak dan hipotesis alternatif (H a ) diterima.
Kata kunci: Hubungan; Penguasaan Kosakata; Pemahaman Membaca

Published

2021-05-07

Issue

Section

Articles