Asessmen Perkembangan Moral dan Agama di TK IT Darul Fallah Karang Sari, Lampung Tengah

Penulis

  • Anastasya Puspita Ningtyas Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung
  • Luluk Widi Astuti Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung
  • Nurul Syahilda Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung
  • Aulia Rahma Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v5i1.582

Kata Kunci:

Asesmen, Perkembangan Moral, Perkembangan Agama

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penilaian atau pentingnya mengukur sejauh mana perkembangan moral dan agama anak usia dini. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana assessment perkembangan moral dan agama di TK IT DARUL FALLAH di karang sari. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan fokus bagaimana perkembangan moral dan agama anak usia dinoi di TK IT DARULL FALLAH dalam melakukan penilaian. Teknik pengumpulan data menggunakan Pendekatan yang digunakan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sepuluh anak yang ada di TK IT DARULL FALLAH terdapat delapan anak yang sudah bekembang sangat baik dan terdapat dua anak yang belum berkembang. adapun assessment perkembangan moral dan agama dilakukan secara insidental, perkembangan nilai moral dan agama di TK IT DARUL FALLAH, Karang sari, Lampung Tengah guru menggunakan instrumen penilaian berupa ceklis dan Anekdot.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25

Terbitan

Bagian

Articles