Kreativitas Berinovasi Pada Guru Seni di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.60155/mentari.v4i2.496Kata Kunci:
Kreativitas, Inovasi Guru, Seni Tari, Era DigitalAbstrak
Salah satu sumber daya pendidikan yang perlu dijaga adalah pembelajaran seni tari. Menari adalah bentuk seni yang melibatkan gerakan tubuh yang berirama untuk mengekspresikan perasaan, tujuan, atau pikiran. Seiring dengan perkembangan zaman, pembelajaran tari perlu menggunakan metode dan kreasi berbasis digital agar siswa semakin tertarik. Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan tentang pentingnya kompetensi dan kreatifitas digital guru seni tari dalam pembelajaran tari di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data literatur. Data kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles & Hubberman yang terdiri dari tahapan penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam artikel ini membahas tentang (1) kreativitas guru dalam pembelajaran seni tari, dan (2) faktor-faktor penghambat maupun pendukung pengembangan kompetensi digital guru.