Pengembangan Kecerdasan Naturalistik pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Nani Tri Wulandari STKIP PGRI Ponorogo
  • Yepota Nossa Lamanaura STKIP PGRI Ponorogo
  • Erina Dwi Agustina STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v4i2.495

Kata Kunci:

Kecerdasan Naturalistik, Alam, Anak Usia Dini

Abstrak

Kecerdasan merupakan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah, mampu beradaptasi dengan situasi yang baru, dan juga mampu mengambil pelajaran dari sebuah pengalaman. Setiap individu memiliki kecerdasan yang beragam, salah satunya adalah kecerdasan naturalis. Tulisan ini mengulas tentang pengembangan kecerdasan naturalistik pada anak usia dini. Jenis penelitian menggunkan jenis kepustakaan atau library research. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah pengumpulan data literatur. Pengembangan kecerdasan naturalistik dapat dilakukan dengan berbagai metode, tergantung pada kemampuan dan fasilitas yang dimiliki anak. Pengembangan kecerdasan naturalistik pada anak usia dini dapat dikembangkan diantarnya: (1)mengajak anak untuk beraktifitas di alam terbuka (2) kegiatan berkebun dan merawat tanaman (3) mengamati hewan dan habitatnya (4) melakukan kunjungan ke museum yang berkaitan dengan alam (5) memanfaatkan media alam dalam pembelajaran (6) membuat permainan edukatif di alam (7) menerapkan pembelajaran berbasis proyek.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-17

Terbitan

Bagian

Articles