Kontrol Sosial Pengasuh dalam Mencegah Bullying Pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.60155/mentari.v4i2.494Kata Kunci:
Kontrol Sosial, Pengasuh, BullyingAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontrol sosial pengasuh dalam mencegah perilaku bullying di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al Fattah Desa Singgahan Kebonsari Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan model penelitian studi kasus. Penelitian ini melibatkan subyek peserta didik yang diteliti sebanyak 35 anak, usia 6-14 tahun dan 4 pengasuh. Data di peroleh dari wawancara dan observasi proses pembelajaran dan pengasuhan Taman Pendidikan AlQuran (TPA)Al-Fattah tentang kontrol sosial pengasuh dalam mencegah bullying pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) AlFattah melakukan kontrol sosial untuk mencegah bullying dengan cara; (1) mengedepankan pola mendidik, (2) menerapkan pola mengajak, dan (3) menerapkan strategi memaksa. Jika hal itu bisa dilakukan di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al-Fattah dengan efektif, maka perilaku bullying akan bisa diminimalkan dan dicegah.