Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di TK Menggunakan Media Boneka Tangan

Penulis

  • Nurul Fitasari STKIP PGRI Ponorogo
  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI Ponorogo
  • Rizki Mustikasari STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v5i1.489

Kata Kunci:

Pendidikan Anak Usia Dini, Aspek Bahasa, Media Boneka Tangan

Abstrak

Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang penting untuk distimulasi. Metode bercerita menggunakan media boneka tangan dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK menggunakan media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terbagi menjadi dua siklus dan diawali dengan pra siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B di TK. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji beda paired sample t-test pada kelompok tunggal. Uji normalitas sebagai uji prasyarat dilakukan terlebih dahulu sebelum menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yakni rata-rata nilai anak pra siklus 10,08, rata-rata siklus I sebesar 11.50 dan nilai rata- rata siklus II mengalami peningkatan sebesar 14.25. Dari hasil output analisis data SPSS 25 menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) kolom Paired Difference sebesar 0.000<0,05. Sedangkan hasil t hitung paired sample t test menunjukkan nilai antara pra siklus dan siklus 1 diperoleh hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel 7.340> 1.7459. Pada siklus I dan Siklus II diperoleh hasil nilai t hitung lebih besar dari t tabel 12.638 > 1.7459, Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya kemampuan bercerita anak berbeda secara signifikan dengan penggunaan media boneka tangan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-25

Terbitan

Bagian

Articles