Upaya Pendidik dalam Menumbuhkan Aktualisasi Diri Peserta Didik TK Mardisiwi di Masa Pandemi COVID 19
Kata Kunci:
Upaya Pendidik, Aktualisasi Diri, Masa PandemiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pendidik dalam menumbuhkan aktualisasi diri di masa pandemi COVID 19. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk memperoleh pemahaman tentang upaya pendidik TK Mardisiwi, Madiun dalam menumbuhkan kemampuan aktualisasi diri siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul lalu dianalisis dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik menumbuhkan aktualisasi diri peserta didik dengan cara memberikan kesempatan pada anak untuk selalu senang dan tidak egois walaupun ada wabah, memberi kesempatan pada anak untuk melakukan sesuatu serta resikonya, tidak perlu sering mendikte anak, memotivasi anak untuk menghilangkan keragu-raguan pada dirinya, memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuannya dengan baik, ajak anak untuk mempelajari yang terbaik dan terburuk, minat anak untuk mengenali dirinya sendiri seperti hikmah dari pandemi membantu anak untuk selalu menjaga kesehatan (mencuci tangan, memakai masker dan
menjaga jarak saat bermain).