Pengaruh Permainan Jepit Angka terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini

Penulis

  • Eva Aryanti Ramadhani STKIP PGRI Ponorogo
  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Permainan Jepit Angka, Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini

Abstrak

Pembelajaran matematika terutama kegiatan berhitung menjadi pembelajaran yang sulit bagi anak usia dini. Pembelajaran matematika pada AUD membutuhkan alat bantu media pembelajaran yang menarik bagi anak-anak. Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh para pendidik untuk menarik daya pikat anak dalam menerima materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media permainan jepit angka terhadap kemampuan berhitung anak usia dini di TK Muslimat NU 089 Kepatihan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan teknik analisis data menggunakan simple paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap perkembangan kemampuan berhitung anak usia dini. Hasil nilai pretest dan nilai posttest meningkat secara signifikan. Dari uji pretest didapatkan hasil 57.25 dan dari uji posttest di dapatkan hasil 75.00. Sehingga dengan hasil yang didapat ini menunjukkan bahwa permainan jepit angka berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan berhitung anak usia dini. Diharapkan permainan jepit angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak di TK tersebut dan penggunaanya disesuaikan dengan kriteria kegiatan dan tingkat usia anak.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-03

Terbitan

Bagian

Articles