Pengembangan Bahasa AUD melalui Metode Bercerita

Penulis

  • Dhea Alifa Noviany STKIP PGRI Ponorogo
  • Rohmad Arkam STKIP PGRI PONOROGO
  • Rochmad Haryadi STKIP PGRI PONOROGO

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v4i1.433

Kata Kunci:

Buku Gambar, Bercerita, Aspek Bahasa

Abstrak

Usia dini merupakan fase penting untuk tahap perkembangan anak. Oleh karena itu, masa ini anak sangat penting untuk dilakukan stimulus yang maksimal, terutama aspek perkembangan bahasa. Salah satu bentuk pengembangan bahasa adalah melalui bercerita dengan buku cerita bergambar. Artikel ini ingin mendiskripsikan implementasi kegiatan pengembangan bahasa melalui bercerita dengan buku cerita bergambar pada kelompok B di RA. ‘Aisyiyah Sidoharjo, Pulung, Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa langkah dalam mengimplementasikan pengembangan bahasa melalui buku cerita bergambar pada kelompok B RA. ‘Aisyiyah, Sidoharjo, Pulung, Ponorogo melakukan beberapa proses, yaitu; penetapkan tujuan pembelajaran; melakukan perencanaan pembelajaran; merancang kegiatan pembelajaran; mengorganisasi waktu dan ruang; melakunan evaluasi dan penilaian; melakukan refleksi dan perbaikan dari proses pembelajaran. Media buku cerita bergambar sangat tepat digunakan untuk pengembangan aspek bahasa anak karena melalui bercerita anak mampu mengutarakan apa yang dirasakan dan dilihat.


Unduhan

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles