Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini melalui Media Buku Cerita Bergambar

Penulis

  • Sripatin Sripatin STKIP PGRI Ponorogo
  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI Ponorogo
  • Endang Lestari STKIP PGRI Ponorogo
  • Muh. Zainul Arifin STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.370

Kata Kunci:

Kemampuan Berbicara, Buku Cerita Bergambar, Anak Usia Dini

Abstrak

Berbicara adalah modal utama yang harus dimiliki agar proses komunikasi seorang anak berjalan dengan normal dan efektif. Kemampuan ini membutuhkan rangsangan yang besar baik dari orangtua maupun guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tentang proses peningkatan kemampuan berbicara pada anak usia dini melalui media buku cerita bergambar kelompok B (1) TK Islam Siti Khodijah Ngrupit Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Media buku cerita bergambar dipilih karena mudah dilihat dan ditangkap oleh indera anak yang bermanfaat untuk melatih keterampilan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan model Kurt Lewin. Jumlah objek dalam penelitian ini 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisa ketuntasan sebagai teknik analisis data yang diperoleh selama penelitian melalui penentuan rata-rata, penilaian ketuntasan belajar dan indikator kinerja. Tindakan yang dilakukan dikatakan berhasil jika prosentase serta nilai rata-rata kemampuan berbicara pada anak berada di angka 75% atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak di Kelompok B (1) TK Islam Siti Khodijah Ngrupit Jenangan Ponorogo. Hasil penilaian pada tahap pra-siklus, siswa memiliki rata-rata sebesar 7,33. Pada siklus 1 rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa mengalami kenaikan sebesar 9,75. Hasil pelaksanaan siklus 2 mendapatkan hasil yang lebih baik karena rata-rata nilai yang diperoleh mencapai angka 13 dengan prosentase ketuntasan sebesar 81,25%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil karena selain terjadi peningkatan, nilai rata-rata prosentase ketuntasan yang dicapai telah melampaui indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-25

Terbitan

Bagian

Articles