Pengaruh Metode Suggestopedia terhadap Keterampilan Berbahasa AUD

Penulis

  • Lorient Meyse Hidayanah STKIP PGRI Ponorogo
  • Rohmad Arkam STKIP PGRI Ponorogo
  • Rizki Mustikasari STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.368

Kata Kunci:

Pendidikan Anak Usia Dini, Aspek Bahasa, Metode Suggestopedia

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk memberikan layanan pengasuhan yang menitikberatkan pada perkembangan fisik dan psikis pada anak usia dini. Lingkungan yang dibangun dalam lembaga kependidikan anak usia dini juga menyesuaikan agar anak dapat melakukan eksplorasi demi terpenuhinya perkembangannya yang menyangkut semua aspek perkembangan. Salah satu aspek perkembangan yang penting untuk dikembangkan adalah aspek bahasa, dimana anak akan menggunakan bahasa sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh sebuah metode yang disebut dengan metode suggestopedia terhadap keterampilan bahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Sambit, Kabupaten Ponorogo. Metode suggestopedia merupakan sebuah metode relaksasi yang mengandalkan alam bawah sadar seseorang untuk menerima sebuah materi. Subjek dari penelitian yang dilakukan adalah anak usia dini rentan usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Sambit yang berjumlah 12 anak. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, uji hipotesis menunjukkan perbedaan rata-rata dan nilai signifikansi dari nilai sebelum dan sesudah penerapan metode suggestopedia. Oleh karena itu, kesimpulan dari penelitian ini adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh dari metode suggestopedia terhadap keterampilan bahasa anak usia dini di TK Aisyiyah Sambit.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-25

Terbitan

Bagian

Articles