Penerapan Toilet Training pada Anak Usia 3-4 Tahun: Studi Kasus di Cendekia Kids School Madiun

Penulis

  • Sri Rahayu Universitas PGRI Madiun
  • Dian Ratnaningtyas Afifah Universitas PGRI Madiun
  • Sofia Nur Afifah Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.349

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Toilet Training, Studi Kasus

Abstrak

Keberhasilan pembelajaran toilet training sangat penting dalam memberi beragam kebaikan terhadap anak. Dari segi psikologis dapat membantu pembiasaan terkait kebersihan (toilet habits), yakni memahami pentingnya buang air beserta adabnya secara layak, dan melatih bertanggung jawab dalam memelihara kebersihan diri, sekaligus kesehatan fisik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menerapkan model Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) penerapan toilet training di Cendekia Kids School dilakukan dengan beberapa tahap, yang meliputi: perencanaan pengajaran, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) langkah guru ketika memberikan pelatihan terhadap anak usia dini saat toilet training di Cendekia Kids School Madiun yaitu dengan membiasakan memberi contoh yang nyata, melaksanakan komunikasi bersama orang tua wali, memberi arahan, pengajaran bagi anak untuk tanggung jawab dan memberi kasih sayang; 3) faktor yang mendukung dan menghambat guru saat memberi pelatihan toilet training terhadap anak usia dini di Cendekia Kids School yaitu pengetahuan dan kesabaran guru serta dukungan orang tua wali murid kepada semua guru saat memberikan pelatihan toilet training anak usia dini di Cendekia Kids School, sedangkan faktor yang menghambat guru dalam memberi pelatihan kemandirian anak usia dini ketika toilet training ialah mood dari anak.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-25

Terbitan

Bagian

Articles