Strategi Pengembangan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Media Roda Edukatif Pada AUD

Penulis

  • Nur Dwi Susanti STKIP PGRI Ponorogo
  • Rohmad Arkam STKIP PGRI Ponorogo
  • Rizki Mustikasari STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Roda Edukatif, Keterampilan Membaca Permulaan, Anak Usia Dini

Abstrak

Salah satu perkembangan anak usia dini yang sangat penting adalah perkembangan bahasa. Membaca merupakan salah satu pengembangan bahasa lingkup keaksaraan. Membaca adalah salah satu unsur penting dalam perkembangan manusia. Indikator perkembangan keterampilan membaca yaitu, mengenal simbol huruf, mengenali bunyi huruf awal dari berbagai nama benda, mengelompokkan gambar yang mempunyai kesamaan huruf awal dan bunyi, memahami keterkaitan antara bunyi dan bentuk huruf, serta membaca itu sendiri. Keterampilan membaca dapat distimulus, salah satunya dengan media roda edukatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi dan hasil pengembangan keterampilan membaca permulaan dengan media roda edukatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelompok B, dan siswa kelompok B di RA Aisyiyah Turi Jetis Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan studi kasus lapangan. Tehnik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, strategi pengembangan keterampilan membaca permulaan yang digunakan adalah strategi organisasi. Penggunaan media roda edukatif sebagai media pengembangan keterampilan
membaca permulaan menunjukkan hasil yang efektif.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-20

Terbitan

Bagian

Articles