Peran Kompetensi Manajerial Kepala TK Terpadu dalam Meningkatkan Potensi Guru Melalui Pembuatan Media Pembelajaran dari Limbah Anorganik

Penulis

  • Ahmad Nur Ismail STKIP PGRI PONOROGO

Kata Kunci:

Kepala sekolah, potensi guru, media pembelajaran

Abstrak

Fenomena kehidupan selama ini yang terjadi di sekolah adalah sikap tidak-peduli terhadap lingkungan. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah diharapkan mampu untuk membantu dalam penyelesaian masalah lingkungan ini. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang optimal maka dibutuhkan seorang guru yang profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di lembaga tersebut, yaitu dengan memanfaatkan limbah anorganik sebagai media dalam inovasi dan kreativitas proses pembelajaran. Melalui pendekatan kualitatif pada studi etnografi, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran kompetensi manajerial kepala TK dalam mengembangkan potensi guru melalui pembuatan media pembelajaran dari limbah anorganik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa langkah konkret telah dilakukan oleh kepala TK Terpadu Syamsul Huda Desa Muara Suranenggala Cirebon, melalui tiga tahapan, yaitu pertama tahap persiapan, dimulai survei lokasi dan sasaran serta penyusunan bahan-bahan pelatihan. Kedua tahap pelaksanaan, pada tahap ini dimulai proses pemberian materi, pembuatan media pembelajaran alat, tahapan pembuatan media akuarium bahasa, dan tahapan pembuatan media dadu. Ketiga tahap evaluasi, peserta diberikan tugas untuk merancang kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media bahan-bahan bekas yang ada di lingkungan sekitar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-20 — Diperbaharui pada 2023-06-20

Terbitan

Bagian

Articles