Pengaruh Penerapan STEAM Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Merak Ponorogo

Penulis

  • Maria Kurniawati STKIP PGRI Ponorogo
  • Rohmad Arkam STKIP PGRI Ponorogo
  • Endang Lestari STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Kognitif, STEAM, Aspek Perkembangan

Abstrak

Peneliti melakukan eksperimen dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan STEAM terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Merak pada tahun 2022. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan jenis posttest only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis penelitian, maka teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda atau uji-t. Sebelum dilakukan uji-t maka peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Berdasarkan uji analisis data, melalui tahapan uji validitas, uji realibilitas dan uji t dengan memanfaatkan SPSS 18. Hasil output data menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2 tailed) kolom Equal Variances Assumed sebesar 0,001<0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari pengujian data tersebut menunjukkan bahwa penerapan STEAM berpengaruh pada perkembangan kognitif anak. Peneliti berharap bahwa ke depannya semakin banyak penelitian-penelitian tentang STEAM. Semakin beragam sisi yang diteliti, kebermanfaatan STEAM akan semakin meluas.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26 — Diperbaharui pada 2022-12-26

Terbitan

Bagian

Articles