Permainan Menara Binatang untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Penulis

  • Lorient Meyse Hidayanah STKIP PGRI Ponorogo
  • Rizki Mustikasari STKIP PGRI Ponorogo
  • Muh. Zainul Arifin STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif, Menara Binatang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Menara Binatang dalam rangka meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui validitas dan efektifitas permainan Menara Binatang dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Peneliti menggunakan metode pengembangan yang terdiri dari metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan one sampel test dengan test value sebesar 15. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t sebesar 3.719, nilai df sebesar 8, diketahui sig (2-tailed) sebesar 0.006, mean difference 7.6667, dan pada 95% confidence interval of the difference nilai lower 2.913 dan nilai upper 12.421. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil uji lebih besar dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa permainan Menara Binatang valid dan efektif digunakan untuk mengembangkan dan menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26

Terbitan

Bagian

Articles