Peningkatan Kemampuan Motorik Halus dalam Persiapan Menulis melalui Kegiatan Kolase

Penulis

  • Dwi Yani Nurjanah STKIP PGRI Ponorogo
  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI Ponorogo
  • Lusy Novitasari STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Motorik Halus, Persiapan Menulis, Kolase

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus anak dan kurangnya informasi tentang penggunaan kolase untuk meningkatkan motorik halus dalam persiapan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam persiapan menulis melalui kegiatan kolase. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa pada siklus I dengan kriteria BSH sebesar 20,81%, kriteria MB 42,86%, sedangkan untuk kriteria BB ada 31,33%. Pada Siklus II kriteria BSH sebesar 71, 43%, kriteria MB sebesar 28, 57%, sedangkan untuk kriteria BB sudah tidak ada. Pada siklus II anak sudah mampu memberi lem pada gambar, menyusun bahan kolase, merekatkan bahan kolase dan membuat garis untuk persiapan menulisnya tanpa bimbingan dari guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan kolase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam persiapan menulis.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-13 — Diperbaharui pada 2021-12-13

Terbitan

Bagian

Articles