Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring di Masa COVID-19

Penulis

  • Anis Setiyawati STKIP PGRI Ponorogo
  • Rifa Suci Wulandari STKIP PGRI Ponorogo
  • Lusy Novitasari STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Anak Usia Dini, Pembelajaran Daring, Pencapaian Aspek Perkembangan

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung. Di masa pandemic Covid 19. Pembelajaran daring banyak diaplikasikan dalam pembelajaran dengan maksud memutus rantai penyebaran Covid 19. Penerapan pembelajaran daring ini nyatanya menyebabkan perubahan yang signifikan terutama pada proses pencapaian setiap aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian aspek perkembangan anak selama belajar daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis menurut Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap pembelajaran yang dilakukan selama belajar di rumah ada enam aspek perkembangan yang harus diselesaikan oleh semua peserta didik diantaranya nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan seni. Dari keenam aspek perkembangan tersebut yang paling banyak dicapai dengan hasil berkembang sesuai harapan adalah aspek perkembangan nilai agama dan moral, kognitif, fisik motorik dan seni. Aspek perkembangan yang belum dapat dicapai oleh sebagian peserta didik adalah aspek bahasa dan sosial emosional dengan hasil belum berkembang dan belum memiliki capaian.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-13 — Diperbaharui pada 2021-12-14

Versi

Terbitan

Bagian

Articles