https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/issue/feed LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023-11-20T10:08:20+00:00 Cutiana Windri Astuti cutiana84@gmail.com Open Journal Systems <p>ISSN: 2797-7900 (Online)<br />ISSN: 2797-7919 (Cetak)<br />DOI: <a href="https://doi.org/10.60155/Leksis">doi.org/10.60155/Leksis</a><br />Penerbit: STKIP PGRI Ponorogo Press<br />Alamat: Jalan Ukel No. 39, Kertosari, Babadan, Ponorogo<br />Email: jurnalleksisstkippo@gmail.com</p> <p>Frekuensi terbitan<br />Dua kali dalam setahun<br />April - Oktober</p> https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/351 Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Permainan Sambung Kata Pada-Siswa-Kelas X 2023-10-12T12:10:07+00:00 Alfi Ni'matul Khoiriyah alfienkamila@gmail.com <p><em>Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa. Pembelajaran menulis puisi merupakan bagian dari pembelajaran Bahasa Indonesia yang produktif dan ekspresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode pembelajaran berbasis game “sambung kata”. </em><em>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada bulan April 2023 yang dilaksanakan di SMK PGRI 2 Ponorogo pada jenjang kelas X dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data berupa persentase yang dianalisis secara deskriptif. Teknik pengambilan data dilaksanakan melalui pengambilan nilai hasil belajar pada siklus I, angket penerapan metode pembelajaran berbasis games “sambung kata”, serta niai hasil belajar siklus II untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang dilaksanakan. </em><em>Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar </em><em>siswa</em><em> berupa keterampilan penulisan puisi dari rata-rata nilai siklus I sebesar 48,61 menjadi 80,00 pada siklus II melalui adanya penerapan metode pembelajaran berbasis game “sambung kata” dan 2) Penerapan metode pembelajaran berbasis game “sambung kata” dikatakan sangat berhasil diimplementasikan dalam proses perolehan kosa kata baru untuk menulis puisi dalam pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan respons </em><em>siswa</em><em>.</em></p> 2023-10-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/353 Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Mahabbah Kang Hasyim Karya Niswatin Nafiah 2023-11-20T09:33:58+00:00 Amalia Amalia lieyeaamal@gmail.com Cutiana Windri Astuti cutiana84@gmail.com Ardian Pitra Satya Purnama ardianpitra26@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Mahabbah Kang Hasyim karya Niswatin Nafiah dengan menggunakan kajian psikologi sastra. Teori yang digunakan untuk menganalisis struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Mahabbah Kang Hasyim karya Niswatin Nafiah yaitu psikologi jiwa menurut Sigmund freud. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik simak, teknik transkipsi data, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepribadian tokoh utama sesuai dengan kajian Sigmud Freud terdapat tiga aspek kepribadian yaitu id, ego dan superego. Pada aspek id, tokoh Hasyim pada novel Mahabbah Kang Hasyim karya Niswatin Nafiah memikliki sifat acuh tak acuh,humoris, sopan, dan rajin. Pada aspek ego, tokoh Hasyim memiliki sifat tidak dapat melupakan masa lalu dan rasa ingin memiliki. Sedangkan pada aspek superego tokoh Hasyim memiliki sifat dapat menerima kenyataan.</p> 2023-10-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/354 Religiusitas Tokoh Utama dalam Novel Dunia Kecil yang Riuh Karya Arafat Nur 2023-11-20T09:42:11+00:00 Ferlita Ayu Anindya fayuanindya@gmail.com Kasnadi Kasnadi kkasnadi@gmail.com Ahmad Nur Ismail ismail@stkippgriponorogo.ac.id <p>Religiusitas dalam sebuah karya sastra sangatlah penting terutama pada novel. Religiusitas tidak hanya membahas tentang ketaatan beragama, bisa juga membahas diri manusia secara pribadi. Novel Dunia Kecil yang Riuh karya Arafat Nur, adalah novel yang menceritakan tentang perilaku orang-orang yang minim pengetahuan tentang keagamaan yang tentunya sangat menarik untuk diteliti. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan bbjek penelitian novel Dunia Kecil yang Riuh karya Arafat Nur. Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan teknik simak cata dan kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud religiusitas yang ditemukan dalam novel meliputi: religiusitas tokoh utama dengan Tuhan, religiusitas tokoh utama dengan manusia, dan religiusitas tokoh utama dengan alam.&nbsp;</p> 2023-10-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/355 Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Mengapa Aku Cantik Karya Wahyu Sujani 2023-11-20T09:49:32+00:00 Novita Ayu Faradila novitaayf@gmail.com Sutejo Sutejo sutejo.alwaroqi@yahoo.com Edy Suprayitno edhysobatq@gmail.com <p>Berbicara tentang sastra dan psikologi hakikatnya membahas aspek kejiwaan manusia dalam suatu karya. Salah satu pembahasan terkait sastra dan psikologi membahas tentang konflik batin. Novel Mengapa Aku Cantik karya Wahyu Sujani memiliki pengalaman konflik batin yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik batin dan faktor penyebab konflik batin yang dialami tokoh utama. Pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan catat, sedangkan analisis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa wujud konflik batin yang dialami tokoh utama meliputi: (i) konflik mendekat-mendekat terjadi antara Lasih dengan suaminya dan kedua anaknya, (ii) konflik mendekat-menjauh, dan (iii) konflik menjauh-menjauh terjadi antara dirinya dengan suami, kedua anaknya, Pak Tarya, dan Pak Haji Kasmin. Kandungan konflik batin ditinjau dengan psikologi sastra yang mengkhususkan pada teori psikologi kepribadian Sigmund Freud. Sedangkan faktor penyebab timbulnya konflik batin terjadi antara tokoh utama dengan dirinya sendiri dan tokoh lain seperti suami, anaknya, Pak Tarya, dan Haji Kasmin.</p> 2023-10-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/356 Nilai Sosial dalam Novel Karya Arafat Nur Gadis Yang Menulis Surat Setiap Malam 2023-11-20T09:56:33+00:00 Sevia Dora Fayura Putri seviadora2478@gmail.com Kasnadi Kasnadi kkasnadi@gmail.com Siti Munifah siti_munifahstkip@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai-nilai sosial dalam novel Gadis yang Menulis Surat Setiap Malam karya Arafat Nur. Wujud nilai yang dimaksud berkenaan dengan sikap, perilaku atau ucapan para tokoh. Penelitian menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca, mencatat dan mengklasifikasi. Data dianalisis dengan langkah; mendeskripsikan data; mengklasifikasi, menjelaskan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud nilai-nilai sosial dalam novel Gadis yang Menulis Surat Setiap Malam karya Arafat Nur, berupa: (i) kasih sayang, (ii) tolong menolong, (iii) rukun, (iv) sopan, (v) ta’at beribadah, (vi) peduli, (vii) pantang menyerah, (viii) kerja sama, (ix) tanggung jawab, (x) sabar, dan (xi) saling menghormati. Fungsi dari nilai-nilai sosial yang ditemukan tersebut adalah; (i) fungsi sebagai petunjuk arah, (ii) fungsi sebagai benteng perlindungan, dan (iii) fungsi sebagai pendorong.</p> 2023-10-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/357 Analisis Wacana Buku Kumpulan Khotbah Jum’at Karya KH. Abu Yusuf Fahruddin (Teori Van Dijk) 2023-11-20T10:08:20+00:00 Wahyu Satriya Baqin Mustofa wahyusatriya08@gmail.com Heru Setiawan awan.hsetiawan@gmail.com Lusy Novitasari lucydheny77@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk struktur teks (makro, superstruktur, mikro) yang membangun wacana teks khotbah Jum’at. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model Van Dijk. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks khotbah Jum’at yang terdapat di dalam buku Kumpulan Khotbah Jum’at Sepanjang Masa. Data dalam penelitian ini adalah data tulis yang berupa kata-kata, kalimat-kalimat, paragraf, dan wacana khotbah Jum’at. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pustaka dan teknik simak-catat. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan (pilah data sesuai unsur-unsur tertentu). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa struktur tekskhotbah Jum’at yang ditulis oleh KH. Abu Yusuf Fahrudin memaparkan segi semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris. Semantik atau makna dikonstruksikan dengan baik dengan memberi latar, detil, maksud, dalam keseluruhan teks. Dari segi sintaksis, teks khotbah Jum’at memiliki bentukkalimat, koherensi, dan kata ganti yang disesuaikan dengan konteks penulis. Pemilihan kata-kata atau leksikon ditemukan banyak yang menggunakan kata-kata berkonotasi persuasif. Selain itu, penulis menggunakan elemen grafis untuk menekankan atau memberi penegasan secara visual.</p> 2023-10-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia