https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/issue/feed LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2025-04-24T01:01:01+00:00 Cutiana Windri Astuti cutiana84@gmail.com Open Journal Systems <p>ISSN: 2797-7900 (Online)<br />ISSN: 2797-7919 (Cetak)<br />DOI: <a href="https://doi.org/10.60155/Leksis">doi.org/10.60155/Leksis</a><br />Penerbit: STKIP PGRI Ponorogo Press<br />Alamat: Jalan Ukel No. 39, Kertosari, Babadan, Ponorogo<br />Email: jurnalleksisstkippo@gmail.com</p> <p>Frekuensi terbitan<br />Dua kali dalam setahun<br />April - Oktober</p> https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/536 Implementasi Model Self Directed Learning dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas VIII MTs N I Boyolali Program Khusus Tahun Aajaran 2025 2025-04-10T05:52:26+00:00 Al Qony Puspasary Puspasary anakkampang808@gmail.com Andi Wicaksono andi.wicaksono@staff.uinsaid.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan keterampilan menulis siswa kelas VIII MTs N 1 Boyolali program khusus. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teori sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan ialah Miles dan Huberman dengan langkah mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data pada penelitian ini. 1) Perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi telah dilakukan guru MTs N 1 Boyolali bersama MGMP Kabupaten Boyolali, dan telah sesuai dengan aturan kurikulum merdeka yaitu membuat modul ajar, ATP, CP, strategi, metode, materi, media dan evaluasi. 2) Dalam pelaksanaan yang dilakukan telah sesuai dengan perencanaan diawal yang dirangkum dalam tiga komponen yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Pada kegiatan inti guru telah menggunakan model SDL kemampuan mandiri yaitu dilakukan tanya jawab secara individu siswa dan dipadukan dengan projek menulis teks laporan hasil observasi yang sebelumnya disuruh observasi di koperasi sekolah. 3) Penilaian keterampilan menulis siswa kelas VIII Program khusus menggunakan media Youtube telah sesuai dengan perencanaan. Penilaian yang dilakukan yaitu struktur meliputi judul, pembuka, isi, dan penutup. Aspek kebahasaan meliputi kalimat definisi, kata konjungsi dan kalimat deskripsi. Nilai yang diperoleh siswa kelas VIII program khusus dari kelompok 1-7 yaitu keseluruhan 80-90. Nilai ini sudah melebihi KKTP yang ditetapkan pihak sekolah.</p> 2025-04-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/544 Ekofeminisme dalam Novel Perempuan Laut Karya Usman Arrumy 2025-04-23T10:06:11+00:00 Dedi Arifin dediarifin1320@gmail.com Cutiana Windri Astuti cutiana84@gmail.com Agus Setiawan agus@stkippgriponorogo.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah ini untuk menganalisis, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan ekofeminisme dalam novel Perempuan Laut berbasis teori ekofeminisme. Dalam teori ekofeminisme populer, keberadaan perempuan dapat dilihat dalam tiga perspektif, ekofeminisme alam, ekofeminisme spiritualitas, dan ekofeminisme sosialis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan baca catat dan kepustakaan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam novel Perempuan Laut karya Usman Arrumy terdapat tiga bentuk ekofeminisme, yakni: (1) ekofeminisme alam, meliputi perjuangan Lare dari kecil, kegigihan perempuan, peduli dengan lingkungan dan kemampuan dalam memperoduksi dan mengolah kopi; (2) ekofeminisme spiritualis, meliputi karya alam dan karya perempuan sama, dan menjabarkan bagaimana dia merawat pulau; dan (3) ekofeminisme sosialis, meliputi menghormati sesama manusia, menjaga keterampilan, deskriminasi, dan menolak logika dikriminasi atau dominsi laki-laki.</p> 2025-04-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/420 Kelayakan Bahasa Buku Teks Mahir Berbahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka Terbitan Erlangga 2024-06-14T04:10:58+00:00 Devi Sukmawati devisukmawati08@gmail.com Risma Rifki Utami rismautami344@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Latar belakang masalah di dalam penelitian ini adalah fakta yang terjadi di dalam dunia pendidikan, masih banyak terdapat masalah yang ditemukan mengenai kasus uraian materi yang terdapat di dalam buku Pendidikan. Salah satu Solusi yang dapat dilakukan untuk permasalahan tersebut adalah dengan cara melakukan perbaikan terhadap penyajian buku Pelajaran terutama terhadap aspek kelayakan Bahasa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan Bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum Merdeka terbitan erlangga terhadap Tingkat ketertarikan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitataif dengan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan Teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melewati tahapan terhadap redukasi nyata, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menjunjukan bahwa kelayakan Bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum Merdeka terbitan erlangga pada aspek penilaian dengan bentuk komunikatif ditemukan 9 dan ditemukan dari bentuk Dialogis Interaktif 9 bentuk pola penilaian dalam buku teks terbitan erlangga kurikulum merdeka pada aspek kesesuaian terhadap kaidah Bahasa Indonesia telah memenuhi standart kelayakan Bahasa yang telah ditetapkan.&nbsp;</span></p> 2025-04-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/529 Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Namaku Alam Karya Leila S. Chudori 2025-03-21T08:05:14+00:00 Jazaanil Husna jazaa1805@gmail.com Kasnadi Kasnadi kkasnadi@gmail.com Ahmad Nur Ismail ismail@stkippgriponorogo.ac.id <p>Novel <em>Namaku Alam</em> karya Leila S. Chudori merupakan salah satu karya sastra yang mengandung berbagai problematika hidup yang sering terjadi di masyarakat umum. Salah satunya adalah konflik batin yang dilukiskan oleh pengarang melalui tokoh utama, yaitu Segara Alam. Beragam konflik yang dialami oleh tokoh tentunya memiliki faktor-faktor yang menyebabkan konflik batin tersebut muncul dalam diri tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan konflik batin tokoh Alam dalam novel <em>Namaku Alam.</em> Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Serta dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif kajian pustaka. Kajian dan analisis dalam penelitian ini difokuskan pada pengkajian psikologi kepribadian, spesifiknya konflik batin yang terdapat di dalam objek penelitian yaitu novel <em>Namaku Alam</em>. Pengkajian konflik batin tokoh utama menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan menggunakan Teori Humanistik Abraham Harold Maslow yang dikenal dengan Hierarki Kebutuhan Maslow. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam novel <em>Namaku Alam</em> karya Leila S. Chudori mengandung beberapa konflik batin yang dialami oleh tokoh Alam. sehingga dapat didentifikasi bahwa ada lima faktor yang menyebabkan konflik batin dalam diri Alam muncul, yaitu: (1) tidak terpenuhinya kebutuhan fisiologis, (2) tidak terpenuhinya kebutuhan keamanan, (3) tidak terpenuhinya kebutuhan cinta, sayang, dan kepemilikan, (4) tidak terpenuhinya kebutuhan penghargaan, serta (5) tidak terpenuhinya kebutuhan aktualisasi diri.</p> 2025-04-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/461 Konflik Tokoh Perempuan dalam Kumpulan Cerpen Lelaki dari Masa Lalu Karya Sirikit Syah 2024-10-11T03:58:10+00:00 Kurotun Ayuni ayunkurotun@gmail.com Sutejo Sutejo sutejo_2015@stkippgriponorogo.ac.id Suci Ayu Latifah mbaksuci33@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konflik tokoh perempuan dalam rumah tangga dengan sumber data kumpulan cerpen Lelaki dari Masa Lalu karya Sirikit Syah. Menggunakan metode deskriptif Kualitatif dengan teknik pengumpulan data baca dan catat. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang merujuk pada teori Milles dan Hubermen yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan dan analisis terdapat empat jenis konflik tokoh perempuan dalam rumah tangga yaitu, konflik suami istri, konflik dengan anak, konflik dengan orang lain, dan konflik dengan diri sendiri. Konflik yang banyak terjadi pada tokoh perempuan dalam kumpulan cerpen Lelaki dari Masa Lalu karya Sirikit Syah adalah konflik dengan diri sendiri yang diakibatkan oleh adanya konflik dengan suami, konflik dengan anak sendiri, dan konflik dengan orang lain.</p> 2025-04-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Leksis/article/view/525 Pelafalan Fonem Oleh Penderita Disartria 2025-03-09T02:45:02+00:00 Mixghan Norman Antono mixghan.norman@trunojoyo.ac.id <p>Permasalahan pada gangguan pelafalan fonem bisa terjadi apabila seseorang mengalami gangguan atau kelainan pada sistem saraf pusat atau otot yang terlibat dalam pembentukan suara. Sehubungan dengan permasalahan gangguan pelafalan fonem tersebut, maka masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah fenomena gangguan pelafalan fonem yang terjadi pada anak berumur 8 tahun, remaja berumur 23 tahun dan orang dewasa berumur 56 tahun penderita disartria di Desa Pragelan Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gangguan pelafalan fonem pada anak yang menderita disartria yang ada di Desa Pragelan Bojonegoro<strong>. </strong>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode simak. Penelitian ini merupakan kajian fonologi yang bertujuan untuk menjelaskan bentuk gangguan pelafalan fonem yang dilafalkan oleh penderita disartria. Penelitian menggunakan tiga orang narasumber sebagai data, dengan menganalisis tuturan yang mereka ujarkan. Dari hasil pembahasan, ditemukan fenomena gangguan pelafalan fonem di Desa Pragelan Bojonegoro yaitu pelafalan fonem pada penderita disartria yang bergejala berbicara terlalu lambat, tidak mampu berbicara dengan volume keras, stroke dan cadel.</p> 2025-04-24T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 LEKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia