Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Permainan Sambung Kata Pada-Siswa-Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.60155/leksis.v3i2.351Kata Kunci:
Bahasa Indonesia, Puisi, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa. Pembelajaran menulis puisi merupakan bagian dari pembelajaran Bahasa Indonesia yang produktif dan ekspresif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode pembelajaran berbasis game “sambung kata”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada bulan April 2023 yang dilaksanakan di SMK PGRI 2 Ponorogo pada jenjang kelas X dengan subjek penelitian 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data berupa persentase yang dianalisis secara deskriptif. Teknik pengambilan data dilaksanakan melalui pengambilan nilai hasil belajar pada siklus I, angket penerapan metode pembelajaran berbasis games “sambung kata”, serta niai hasil belajar siklus II untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa berupa keterampilan penulisan puisi dari rata-rata nilai siklus I sebesar 48,61 menjadi 80,00 pada siklus II melalui adanya penerapan metode pembelajaran berbasis game “sambung kata” dan 2) Penerapan metode pembelajaran berbasis game “sambung kata” dikatakan sangat berhasil diimplementasikan dalam proses perolehan kosa kata baru untuk menulis puisi dalam pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan respons siswa.