KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE RECIPROCAL TEACHING STRATEGY DALAM KEMAMPUAN MEMBACA

Penulis

  • Theresia Budi Sucihati STKIP PGRI Ngawi

Kata Kunci:

Keterampilan Membaca, Eksperimental, ‘Reciprocal Teaching Strategy’

Abstrak

Membaca adalah salah satu kemampuan yang penting untuk dipelajari oleh siswa agar siswa bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik. Dalam penelitian ini, rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) Apakah metode Reciprocal Teaching Strategy efektif dalam kemampuan membaca pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Ngawi? (2) Bagaimana keefektifan metode Reciprocal Teaching Strategy dalam kemampuan membaca pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Ngawi? Metodologi penelitian meliputi desain penelitian, tempat dan waktu penelitian, populasi, sampel dan sampling, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI Ngawi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, peneliti melakukan pretest dan post test. Total sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang terdiri dari siswa kelas X AK berjumlah 20 siswa dan kelas X PBS berjumlah 20 siswa. Obyek penelitian adalah kelas X AK sebagai kelas eksperimen dan X PBS sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan sampel acak. Berdasarkan hasil penelitian metode reciprocal teaching strategy terbukti efektif untuk mengajar reading comprehension terutama teks naratif pada siswa kelas sepuluh SMK PGRI 4 Ngawi. Karena ada perbedaan hasil pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pretest dan post test. Juga ditunjukkan dengan hasil rumus t-test yaitu t penelitian adalah 1,70. Peneliti menggunakan derajat bebas 38, didapat dari (N1+N2-2) = (20+20-2) = 38. Peneliti menggunakan derajat bebas 5%. Apabila t penelitian dibandingkan dengan nilai dari derajat bebas hasilnya 1,70 > 1,68. Nilai t penelitian lebih besar daripada t tabel, berarti bahwa metode reciprocal teaching strategy efektif untuk mengajar.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-30

Terbitan

Bagian

Articles