Nilai Pendidikan Karakter dan Pesan Edukatif dalam Dongeng Nusantara Bertutur

Penulis

  • Suci Ayu Latifah STKIP PGRI Ponorogo
  • Sutejo Sutejo STKIP PGRI Ponorogo
  • Edy Suprayitno STKIP PGRI Ponorogo

Kata Kunci:

Pesan Edukatif;, Pendidikan Karakter;, Dongeng Anak

Abstrak

Dongeng Nusantara Bertutur Kompas adalah salah satu kolom sastra anak. Melalui tokoh, pengarang menyisipkan nilai dan pesan cerita untuk dijadikan pencerahan dalam menjalani hidup. Karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dan pesan edukatif yang terdapat dalam dongeng anak. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain studi pustaka. Cara kerjanya menemukan data-data deskriptif berupa kutipan, pernyataan, dan narasi cerita. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan dianalisis menggunakan teknik yang terdiri dari identifikasi data, klasifikasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis ditemukan 15 dari 18 nilai pendidikan karakter dan 15 pesan edukatif yang tersebar di setiap dongeng anak. Kelimabelas nilai pendidikan karakter yang ditemukan meliputi: religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestrasi, bersahabat, cinta damai, kepedulian sosial dan tanggung jawab. Pesan edukatif diambil dari dongeng anak yang kemudian dikaitkan dengan nilai pendidikan karakter, serta dihubungkan dengan realita yang ada di kehidupan sehari-hari. Saran untuk pembaca sekalian yang berkeinginan menyusun penelitian tentang nilai pendidikan karakter dan pesan edukatif, agar melakukan penelitian yang lebih teliti, cermat, dan saksama. Sehingga, mampu menghasilkan sebuah
penelitian yang komprehensif dan mendalam.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-01 — Diperbaharui pada 2021-11-05

Terbitan

Bagian

Articles