Tiktok Supplementary Instructional Media in Speaking Skill During Pandemic Covid-19

Penulis

  • Nurul Afidah KH. A. Wahab Hasbullah University
  • Fanny Nanda Mutiara KH. A. Wahab Hasbullah University

Kata Kunci:

Pengucapan;, Tiktok;, Media Pembelajaran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok untuk siswa MA. Unggulan KHA. Wahab Hasbullah Jombang. Pada penelitian pengembangan ini, peneliti mengadaptasi model ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Video yang dikembangakan terdiri dari 25 video yang membahas tentang beberapa kata yang mempunyai kemiripan dalam hal pengucapan tetapi sejatinya berbeda. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan media, diperoleh nilai 3.8 dari aspek media dan untuk ranah materi diperoleh nilai 3.4 yang berarti produk yang dikembangkan kualitasnya sudah bagus. Pada saat implementasi, ada 20 siswa MA. Unggulan KHA. Wahab Hasbullah yang dilibatkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengguna, baik dari pihak guru dan siswa diperoleh informasi bahwa mereka memberi respon yang positif pada penggunaan TikTok dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa TikTok dapat membantu mereka pada pembelajaran bahasa Inggris terutama pada aspek pronunciation.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-01 — Diperbaharui pada 2021-08-01

Terbitan

Bagian

Articles