The Character Education Value Within The Everest Film

Penulis

  • Wiwik Wiwik STKIP PGRI Ponorogo
  • Syamsuddin Ro'is STKIP PGRI Ponorogo
  • Ratri Harida STKIP PGRI Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.60155/jbs.v12i1.230

Kata Kunci:

Nilai Pendidikan, Pendidikan Karakter, Film The Everest

Abstrak

Pendidikan karakter adalah suatu cara untuk membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan nilai –nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film The Everest dan menjelaskan pengaruh dalam dunia pendidikan secara umum. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yang mana data yang di peroleh dari tulisan dan kata kata uraian yang di analisis secara detail. Tekhnik yang digunakan untuk megoleksi data adalah teknik analisis deskriptif kulitatif. Dalam film The Everest peneliti menemukan nilai-nilai pendidikan karakter berupa religius, jujur, kepedulian sosial, disiplin, kasih sayang, kerja keras, menghargai prestasi, komunikatif, bertanggung jawab, mandiri, dan toleransi. Dari hasil analisis, diperoleh dua nilai keagamaan, empat nilai kejujuran, tiga nilai toleransi, sepuluh nilai peduli sosial, tiga nilai kedisiplinan, dua nilai menghargai prestasi orang lain, nilai keramahan, dua nilai menyayangi, dan dua nilai tanggung jawab. Pemanfaatan film ini dalam pendidikan dapat digunakan sebagai sumber inspirasi bagaimana menjaga semangat untuk mencapai tujuan, mengajarkan peserta didik peduli terhadap teman, guru, dan masyarakat, serta mengajarkan kita untuk belajar giat dan bekerja keras.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-13

Terbitan

Bagian

Articles